[stikku.ac.id] – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan patut berbangga karena kedatangan tamu istimewa yakni Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S sebagai Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat yang hadir mengisi kuliah pakar di kampus STIKes Kuningan pada hari Minggu, (17/10).

Kegiatan kuliah pakar merupakan salah satu agenda beliau saat berkunjung ke kampus STIKes Kuningan setelah sehari sebelumnya hadir dalam acara peresmian Masjid RS Ciremai dan berkunjung ke kampus II STIKes Kuningan.

Acara kuliah pakar diikuti oleh sejumlah mahasiswa STIKes Kuningan baik dari kampus I dan II juga dihadiri sejumlah Dosen, Pimpinan STIKKU dan pengurus Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan (YPBHK) baik secara virtual maupun luring yang berada di aula kampus STIKes Kuningan.

Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp.,MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa STIKKu mendapatkan kebahagiaan karena kedatangan tamu istimewa yakni Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S yang akan mengisi kuliah pakar dan tentu akan memberikan seputar informasi kesehatan dan pengalaman beliau selama menjadi Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat bagi para mahasiswa dan Dosen STIKes Kuningan.

“Kami haturkan selamat datang kepada Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S sebagai Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat sekaligus Dewan Penyantun karena mau hadir ke kampus STIKes Kuningan. Alhamdulillah kampus Kuningan menjadi kampus kebanggaan bukan hanya di Kuningan dan Cirebon akan tetapi di Jawa Barat terbukti dengan dinobatkannya STIKes Kuningan sebagai kampus kesehatan terbaik di Jawa Barat. Saya meyakinkan bahwa dengan bergabungnya kampus II di Rumah Sakit Ciremai dengan STIKes Kuningan dapat menjadikan kekuatan yang besar dan menjadikan kampus STIKes Kuningan lebih baik dan ungggul dibandingan kampus kesehatan lainnnya karena STIKes Kuningan sudah mendapatkan akreditasi B untuk semua program studi.” ucapnya

Dukungan dari Rumah Sakit Ciremai sangat besar bagi perkembangan kampus II STIKes Kuningan di Rumah Sakit Ciremai, Cirebon dan harapannya kedepan kampus II akan lebih mandiri. Kami dari kampus I dan Yayasan Pendidikan Bhakti Husada Kuningan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa dan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning. Selain itu, Ketua STIKes Kuningan memohon dukungan dan bantuannya kepada Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S sebagai Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat untuk kedepannya kampus STIKKu bias menjadi kampus yang terdepan dalam mutu dan dapat bersaing ditingkat global.

Saat memberikan kuliah pakar, Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S menyampaikan bahwa kebanggannya karena Kampus II STIKKU di RS Ciremai dapat bekerjasama dengan dengan STIKes Kuningan, karena banyak mengalami perubahan dan kemajuan selama kurun waktu beberapa tahun kebelakang.

“Saya yakin kualitas STIKKU menjadi jaminan mutu bagi lulusannya untuk dapat berkarir dibidang kesehatan dimasa yang akan datang, insyallah kedepan akan kami dukung untuk pengembangan kampus II demi kemajuan kesehatan dan pendidikan di Indonesia. Mudah-mudahan kedepan akan lahir para lulusan STIKKU yang akan berkarir didunia kemiliteran khususnya dibidang kesehatan.” ungkapnya

Selain itu, Mayjen TNI dr. Purwo Setyanto, Sp.B., M.A.R.S saat kuliah pakar menjelaskan kronologis perjalanan sejarah corona virus di Indonesia. Kemudian beliau berpesan bahwa saat ini kita masih dalam era Pandemik menuju era Endemik sehingga dibutuhkan perhatian yang khusus dari masyarakat agar kedepannya kita dapat bertransisi dan berdampingan hidup dengan covid-19.

Saat ini sumber Covid-19 masih di duga berasal dari Wuhan, Cina yang sempat dinyatakan lockdown. Bersyukur Indonesia tidak dilockdown hanya diterapkan PPKM saja. Untuk itu, beliau berharap para mahasiswa dan juga masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan agar tidak terjadi peningkatan kasus covid-19 di Indonesia. Beliau juga menyampaikan duka yang mendalam bagi para tenaga kesehatan yang wafat saat membantu para pasien yang terkena covid-19. Untuk itu beliau mengajak kepada mahasiswa untuk bersiap dan bekerjasama bahu membahu mengatasi pandemi covid-19 kedepannya.

Diakhir kegiatan kuliah pakar, para mahasiswa dan dosen antusias memberikan pertanyaan dan diskusi seputar kesiapan ketahanan kesehatan masyarakat di masa endemi covid-19. (Humas)