[stikku.ac.id] – Mahasiswa Pasca Sarajana dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan, menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Batusumur Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat 26 November 2021.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh tiga mahasiswa S2 Stikes Kuningan dari Program Studi Kesehatan Masyarakat diantaranya, Nana Rohana, Heni Handayani dan Nurdewi Anggianti.Pengabdian masyarakat yang digelar di Desa Batusumur berupa seminar Peningkatan Kapasitas Kader dan Tokoh Masyarakat. Seminar tersebut di paparkan kepada Kelompok Bimbingan Ibu Hamil (KBIH) tentang Screening Anemia dan Triple Eliminasi Ibu Hamil. Kegiatan turut dihadiri oleh Dosen Pembimbing Stikes Kuningan, perwakilan Pusksesmas Manonjaya, Kepala Desa Batusumur dan tokoh agama. Kegiatan diawali dengan mengisi kuisioner, kemudian pemaparan materi dan dilanjutkan dengan diskusi serta tanya jawab.

Dosen Pembimbing Stikes Kuningan Dr. Hj, Mamlukah, SKM, M.Kes mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini merupakan bentuk implementasi ilmu teori dari kampus untuk dilaksanakan mahasiswa di masyarakat.

“Semoga pengabdian masyarakat ini bisa menambah inovasi baru khususnya di Desa Batusumur dan para kader yang merupakan fasilitator ibu hamil bisa berkontribusi dalam menurunkan angka anemia pada ibu hamil, serta bisa membantu puskesmas dalam capaian targetnya pada ibu hamil,” pungkasnya.

Mahasiswa S2 stikes kuningan Nana Rohana menerangkan, pengabdian masyarakat di desa batusumur dalam rangka pemberdayaan kader untuk pemeriksaan anemia dan triple eliminasi.

“Kedepannya diharapkan jika semua kader sudah memahami hal tersebut akan memudahkan tenaga kesehatan untuk memberikan intervensi kepada ibu hamil agar tidak terjadi anemia,” ucapnya.

Sementara, Bidan Koordinator Puskesmas Manonjaya Hj. Siti Aminah, STr., Keb merasa bangga dan mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa pasca sarjana stikes kuningan,

“Saya berharap kasus anemia pada ibu hamil di desa batusumur bisa di angkat dan tangani sedini mungkin,” ungkapnya.

Kepala Desa Batusumur H. Endang Ruhimat mengucapkan terimakasih kepada dosen dan mahasiswa Stikes Kuningan yang mengadakan kegiatan di Desanya.

“Terimaskasih saya ucapkan kepada dosen dan mahasiswa Stikes Kuningan untuk meningkatkan kapasitas kepada KBIH, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa batusumur,” jelasnya.