[stikku.ac.id] – Program studi S1 Keperawatan STIKes Kuningan menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di desa Cipancur kecamatan Kalimanggis, (25/11) yang lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pengabdian Masyarakat oleh Departement Keperawatan Anak Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan dari prodi S1 Keperawatan STKes Kuningan dengan tema “Pemberdayaan Keluarga Dalam Perawatan Anak Dengan Pneumonia Berbasis MTBS di Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis Kabupaten Kuningan”.

Kegiatan pengmas dimulai pukul 09.00-11.15 di kantor aula balai Desa Cipancur, dengan diikuti oleh 10 orang panitia baik Dosen dan Mahasiswa Keperawatan dan dihadiri oleh 34 Ibu dan 17 Balita beserta perangkat desa dan jajarannya. Acara dimulai dengan penyampaian materi kepada peserta tentang penyakit pneumonia pada anak menggunakan media power point dan leaflet, mendemonstrasikan pemberian obat amoxicillin, paracetamol, dan obat herbal, mempersilahkan peserta untuk bertanya tentang penyakit pneumonia dan memberikan apresiasi kepada peserta yang telah aktif bertanya, serta memberikan hadiah.

Ns. Nanang Saprudin, S.Kep., M.Kep selaku ketua pelaksana sekaligus Dosen Keperawatan STIKes Kuningan sangat berterima kasih kepada pihak pemerintahan desa Cipancur atas kerjasamanya sehingg kegiatan pengmas dapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah semua berjalan dengan baik, kami dari prodi Keperawatan STIKes Kuningan mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama panitia, mahasiswa dan warga desa Cipancur yang sangat antusias mengikuti kegiatan pengmas kali ini yang menitik beratkan pada Pemberdayaan Keluarga Dalam Perawatan Anak Dengan Pneumonia Berbasis MTBS dan semoga bermanfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.”.

Sedangkan, ditempat terpisah Ibu Kepala Desa Cipancur, Eva Susilawati menyampaikan bahwa untuk acara pengabdian masyarakat di desa Cipancur sangat bagus karena dapat mengedukasi masyarakat

“Acaranya sangat  bagus terkhususnya Ibu-Ibu yang belum tahu tentang penyakit Peneumonia, kemudian acaranya sangat membantu dan bermanfaat. Ketika biasanya Desa yang harus mengundang pemeteri, disini ada tim penyuluhan dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan yang bersedia untuk memberikan penyuluhan kepada Masyarakat Desa Cipancur.” ucapnya.