[stikku.ac.id] – Perpustakaan STIKes Kuningan kembali mengadakan kegiatan unggulan yakni Bedah Buku yang ke-4, yang dilaksanakan secara daring pada hari Selasa (15/02). Kegiatan bedah buku bertujuan untuk mengupas buku berjudul Asuhan Kebidanan Postpartum yang diterbitkan oleh Refika Aditama.

Kegiatan bedah buku diikuti 191 dari 215 yang mendaftar melalui google form dan dibuka secara langsung oleh Ketua STIKes Kuningan, H. Abdal Rohim, S.Kp., MH. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Bedah Buku merupakan program UPT Perpustakaan STIKes Kuningan.

“Bedah buku merupakan buku hasil karya yang diciptakan oleh Dosen STIKKU untuk memberikan suatu ilmu dan kontribusi untuk lembaga dalam rangka penilaian akreditasi dan lainnya karena sangat berarti sekali, saya berharap juga teman-teman Dosen untuk menulis buku untuk selanjutnya dibedah sehingga bermanfaat bagi para mahasiswa dan dosen” ucapnya

Dalam kegiatan bedah buku tersebut dipandu oleh Duta Baca STIKes Kuningan dan Dera Sukmanawati, S.Tr. Keb selaku moderator dan pembedah bukunya yakni Suci Utami, S.SiT, M.Kes dan narasumber Siti Nunung N, S.ST,. M.KM selaku penulis buku dan Kaprodi Profesi Bidan STIKes Kuningan.

Dalam penyampainnya bedah buku oleh penulis Siti Nunung N, S.ST,. M.KM, disampaikan bahwa alasan atau latar belakang penyusunan buku Asuhan Kebidanan Postpartum adalah ketertarikan terhadap masalah yang sering terjadi pada masa nifas dan sebagai bahan ajar dan kebutuhan materi mahasiswa kebidanan.

Sementara itu, Suci Utami, S.SiT, M.Kes selaku pembedah buku memberikan sebuah kesimpulan bahwa mutu buku ajar Asuhan Kebidanan Postpartum sudah sesuai dengan amanat UU No 3 Tahun 2017 tentang system perbukuan dan PP No 75/2019 tentang peraturan pelaksanaan system perbukuan harus disusun berdasarkan standar, kaidah dan kode etik yang ditetapkan, dimana memuat legalitas, materi, penyajian, bahasa, desain dan grafik. Sehingga buku Asuhan Kebidanan Postpartum sudah memenuhi kriteria tersebut diatas, ungkap Suci saat menjelaskan dalam acara Bedah Buku.